Nissin i40 Sony Multi Interface Unboxing

Akhirnya nemu juga Nissin i40 untuk Sony Multi Interface (MI) Shoe, setelah beberapa kali coba contact sana-sini termasuk distributor resminya yaitu PD. Bintang Mas, seringkali untuk Sony MI kehabisan stock.

Nissin i40 saya temukan di Focus Nusantara, dengan harga Rp.2.250.000,- Gratis ongkos kirim JNE YES + Asuransi


Tadinya saya berencana beli speedlite Sony HVL-F43M, cuma saya pertimbangankan, Nissin i40 GN40, Sony HVL-F43M GN43, sama-sama berkemampuan zoom sampai batas 105mm, dan dari Guide Number (GN) nya saja cuma beda tipis 3 feet, dan juga harga Sony tersebut hampir 2x lipat dari harga Nissin i40.


Baiklah kita bongkar apa yang ada dalam dus Nissin i40 ini



Isinya:
- Manual sederhana 1 lembar (tidak saya photo)
- Kartu garansi PD. Bintang Mas (tidak saya photo)
- Pouch
- Nissin i40
- Carabiner
- Flash stand
- Soft box

Pada Flash-nya sendiri sudah ada
- Fill-in Reflector
- Light Diffusing Panel
- Video Light

Nissin i40 ini sederhana sekali tidak dilengkapi dengan layar LCD, maka dari itu startup nya cepat sekali


Meski kecil, namun lihat GN nya saja 40, alias kecil-kecil cabe rawit, bahkan lebih kecil dibanding flash Metz i30 (GN 30) lama saya.

Berikut ini beberapa contoh photo menggunakan Sony A6000, Lensa Sony SELP1650, Nissin i40


Saya lebih suka menggunakan bounce flash (pada bagian kanan), karena cahaya yang dihasilkan lebih soft dan tidak berkesan kasar. Bisa Anda bayangkan jika menggunakan direct flash pada subject orang dalam jarak dekat, mata subject akan masuk buta sementara, karena silaunya lampu flash.

Dan ada fitur yang tidak kalah menariknya, Nissin i40 ini bisa digunakan off camera flash, untuk pengguna Sony A6000, cukup set ke SD (Slave Digital), lalu pada camera keluarkan pop up flash nya, jika mau bisa set flash compesation ke -3



Dan pada saat kita posisikan keatas kepala flash-nya atau ke samping, otomatis High Speed Sync (HSS) akan mati, sehingga shutter speed cuma bisa maksimal 1/160s. Apa jadinya jika kita menggunakan lensa F/1.8 kebawah?
Namun ada cara untuk override nya, cukup tekan Pilot Button selama 3 detik (sebelah tombol power), maka akan bisa melakukan HSS lagi sampai 1/2000s, dan tentunya ini sangat berguna ketika menghadapi backlight, background ingin blur sedangkan subject ingin terang.

Semoga berguna.

Salam Luar Biasa :)

Thank You GOD
Thank You Focus Nusantara
Thank You WHAFF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar