Memilih SmartPhone Android

Disini saya coba membahas cara memilih atau menentukan SmartPhone Android yang mungkin tepat untuk Anda gunakan. Tentunya calon pengguna SmartPhone yang baru akan coba membeli dibuat pusing dengan banyaknya berbagai merk SmartPhone.

Baiklah pertama-tama saya bagi 3 kelompok SmartPhone Android 
Low End, Mid End dan High End

LOW END

Apa itu Low End? Low End dalam hal ini, adalah SmartPhone yang dibuat secara semurah mungkin (Low Cost Production) agar lebih terjangkau oleh pengguna.

Beberapa tahun lalu pembuat SmartPhone Low Cost ini banyak dikuasai oleh produsen Lokal atau dari negeri tirai bambu, namun seiring waktu produsen branded pun tidak mau kalah dengan produsen lokal, seperti Samsung, Asus, Sony Xperia dll, ikutan bermain juga memangsa calon pengguna.

Processor: (1x) Single Core, (2x) Dual Core, (4x) Quad Core
RAM: 512MB - 1GB
Internal Memory maximum 4GB
Kisaran harga SmartPhone Low End antara Rp.500.000 - Rp.1.500.000

(+) Kelebihan SmartPhone Low End:

  1. Tentunya harga relatif murah, bahkan SmartPhone Lokal/China pun ada yang harganya sekitar Rp. 500.000 - Rp.1000.000.
  2. Untuk aplikasi chatting seperti BBM, WhatsApp, Line dsb semua bisa digunakan


(-) Kekurangan SmartPhone Low End:

  1. Layar tidak terlalu besar, kisaran 3.0-4.0 inch, ada juga yang memakai sampai 4.5 inch, dan tentunya dengan resolusi layar sangat rendah 
  2. Processor yang digunakan banyak juga yang masih mengandalkan Dual Core, namun ada juga yang Quad Core, atau Intel Multi Thread
  3. Jaringan Network
    Konsumen harus extra hati-hati, karena untuk menekan biaya murah, tidak jarang produsen ada yang cuma di jaringan EDGE saja, dan ada yang lebih baik 3G atau HSDPA yang lebih mumpuni. Sebaiknya gunakan yang mendukung HSDPA 7.2-14.4 Mbps
  4. Battery juga dengan daya tidak terlalu besar, kisaran 1000-1300mAh, sehingga pengguna harus sering-sering charge SmartPhone dengan powerbank.
Saran:
Dengan daya beli yang Anda punya, usahakan Processor yang handal dan RAM yang besar jauh lebih baik, karena RAM sangat berguna saat menjalankan aplikasi, apalagi sudah banyak aplikasi yang kita buka ..... tentunya akan mengakibatkan SmartPhone melambat jika tidak dilakukan Clear Task List

- - - o o o O O O o o o - - -


MID END

Nah jika Mid End ini paling banyak dibeli oleh kalangan menengah, karena kisaran SmartPhone antara Rp.1.500.000 - Rp.5.000.000
Pada Mid End ini paling banyak sekali jenis perangkatnya, dan layar juga mulai dari 4.5-6 inch, resolusi pun sudah mumpuni, paling sedikit 1280x720 atau Resolusi HD, dan ada juga yang memakai 1920x1280 atau Full HD, biasanya untuk layar 5.5 - 6.4 inch.

Processor yang dibenamkan pun bervariasi mulai dari (4x) Quad Core hingga (6x) Hexa Core, dan kebanyak Processor menggunakan QualComm dan Intel, ada juga yang masih menggunakan MTK dari negeri tirai bambu
Masing-masing frequency kecepatan perocessor pun bervariasi juga, mulai dari 1.2Ghz, 1.3Ghz, 1.5 Ghz, 1.7 Ghz, 1.8 Ghz, 2.0 Ghz dan bahkan sampai 2.2 Ghz


Processor: (4x) Quad Core, (6x) Hexa Core
RAM: 1GB-3GB atau 4GB
Internal Memory 8GB - 16GB
Kisaran harga SmartPhone Mid End antara Rp.1.500.000 - Rp.5000.000



(+) Kelebihan SmartPhone Mid End:
  1. Untuk bermain Game atau animasi 3D pun mudah untuk dijalankan
  2. Aplikasi berat pun sangat dijalankan
  3. Jaringan Network sudah mulai dari HSPA+ hingga LTE
  4. Camera juga rata-rata sudah minimal 8 Mega Pixel
  5. Ada juga sebagian yang sudah menyematkan fitur optical zoom pada lensa camera nya.
(-) Kekurangan SmartPhone Mid End
  1. Meskipun battery sudah sangat besar bahkan sampai ada yang 4000 mAh, namun dikarenakan besarnya layar dan juga karena resolusi nya sudah HD atau Full HD, maka battery pun sama juga, karena semakin lama layar menyala, semakin memakan battery juga
  2. Jika memakai LTE, tentunya biaya yang harus dikeluarkan untuk provider pun semakin mahal
Saran:
Dengan keuangan yang Anda miliki, Anda bisa lebih leluasa memilik produk yang Anda inginkan. Sebaiknya gunakan RAM paling sedikit 1.5GB atau lebih, dan sebaiknya gunakan Internal Memory 16GB.
Ukuran layar silahkan Anda tentukan, yang mana yang cocok untuk Anda. Semakin besar layar nya untuk pengetikan semakin nyaman, tidak mudah keseleo atau salah ketik :)

- - - o o o O O O o o o - - -



HIGH END

Namanya juga sudah High End dan tentunya memiliki fitur terbaru dan tercanggih untuk kelas yang satu ini.
Processor pun tidak main-main (8x) Octa Core dan bahkan ada yang 2x Octa Core, dan ada processor tertentu yang sedang merancang (10x) Ten Core

Spesifikasi kebanyakan tidak bedah jauh dengan versi Mid End, cuma jauh lebih cepat dan lebih bertenaga untuk berbagai multi tasking.
Resolusi layar kebanyakan sudah FULL HD bahkan ada yang memakai 4K dan untuk layar pun banyak yang sudah OLED atau Super OLED.

Apa itu OLED?
OLED adalah Organic Light Emiting Diode, yang artinya meski dibawah terik matahari pun kita dapat melihat layar SmartPhone dengan mudah tanpa harus ditutupi dengan tangan.

Dan tentu saja kelas High End ini banyak dibeli kalah kalangan orang-orang mampu, atau juga yang memang sesuai dengan perkerjaannya yang membutuhkan sebuah SmartPhone handal.


Processor: (8x) Octa Core atau lebih, seperti QualComm, Exynos
Layar 5.0 - 6.0 inch
RAM: 3GB - 4GB
Internal Memory 16GB - 32GB bahkan ada yang sampai 128GB
Kisaran harga SmartPhone High End diatas Rp.5000.000

Kelebihan tentu tidak perlu dijelaskan lagi, karena spesifikasi yang paling mumpuni.
Kekurangan sama saja namanya juga SmartPhone, layar banyak menyala otomatis makin makan battery.

- - - o o o O O O o o o - - -

Kesimpulan:
Beli lah sebuah SmartPhone sesuai dengan kapasitas keuangan Anda.

Diharapkan tidak membeli SmartPhone pada saat Launching Perdana, karena dalam 3-4 bulan sesudahnya saja harganya akan drop/turun.

Dan kebanyak SmartPhone ada yang sudah mendukung USB On The Go (USB OTG), yang sangat diperlukan untuk menyambungkan data ke USB Drive/Flashdisk atau external memory card dan bahkan bisa juga menggunakan keyboard dan mouse atau jika ingin banyak gunakan perangkat ke SmartPhone bisa juga gunakan USB HUB.

Harap ditanyakan kepada pihak penjual, apakah SmartPhone tersebut sudah mendukung OTG, jika memang hal tersebut Anda perlukan.

Dan ada juga selain USB OTG, beberapa SmartPhone juga mendukung penggunaan MHL Adapter
Nah apa itu MHL Adapter?
MHL Adapter adalah kabel penghubung antara SmartPhone dan TV LED/LCD atau juga projector dimana untuk bagian ke TV itu menggunakan port HDMI.
Hal tersebut bisa saja sangat berguna dikala kita mau presentasikan suatu produk kepada calon konsumen, atau bisa juga untuk main game pada TV layar besar.

Untuk spesifikasi SmartPhone lengkap dan akurat bisa kunjungi GSM Arena

Sekian dan semoga berguna bagi yang ingin mencari SmartPhone Android

Salam Luar Biasa :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar