Sony SEL30M35 Unboxing

Kali ini saya membeli lensa Sony SEL30M35 Macro 1:1, karena berhubung Sony memperpanjang promosinya, harga normal Rp..2.799.000 dan mendapatkan cashback senilai Rp.500.000, lumayan kan discount yang diberikan oleh Sony :)

Lensa ini saya beli juga di JPC Kemang, tempat camera dan aksesorisnya yang dapat dipercaya untuk pembelian secara online.

Baiklah apa saja yang ada di dalam box nya:
(Seperti terlihat pada photo diatas)
- Beberapa manual berbagai macam bahasa
- Kartu Garansi resmi dari Sony Indonesia
- Lensa SEL30M35
- Lens Hood
- Lens Cap



Baik untuk Macro 1:1, Portrait, Landscape lensa ini sungguh sangat berguna sekali, ketajaman pun sangat baik sekali, karena lensa Macro dari Sony ini termasuk Prime Lens. 

Untuk Portrait tentu ada kelemahannya karena F number hanya di 3.5 saja maksimalnya, yang tentunya tidak bisa terlalu bokeh, tidak seperti lensa SONY SEL50F18 yang pernah saya ulas sebelumnya.

Untuk Landscape, lensa ini berguna sekali, 30mm (jika pada format 135=45mm) dan orang biasanya kebanyakan menggunakan f/8-f/11 atau lebih.

Untuk Macro memang ada kekurangannya juga, yaitu lebih berguna untuk subject tidak bergerak, karena membutuhkan lensa yang sangat dekat dengan subject, sering kali lens hood nya menyenggol subject tersebut, jadi agak susah jika untuk photo binatang kecil dari jarak dekat sekali seperti capung, kupu-kupu dsb.

Contoh Macro bisa dilihat pada photo dibawah ini:

Sekitar 5-6cm dari thread lensa depan

2cm dari thread lensa depan

Lensa Sony 30M35 ini cukup terjangkau untuk yang mencari lensa APS-C dan lensa ini hanya diperuntukkan untuk Sony NEX system saja alias tidak untuk full frame (FE). Dan jika ada dana lebih tentunya bisa membeli lensa SONY FE90F28 yang harganya tentu berkali-kali lipat dari lensa SEL30M35, yaitu sekitar Rp.16.000.000,-

Nah semoga berguna untuk yang sedang mencari lensa macro untuk Sony NEX System
Salam Luar Biasa :)

Thanks to GOD
Thanks to WHAFF
Thanks to JPC Kemang
*) Semua photo menggunakan Sony A6000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar