Sony SEL28F20 Unboxing

Sony SEL28F20 ini sebenarnya ditujukan untuk Camera FE (Fullframe E-mount) makanya kadang disebut juga Sony FE 2/28, bingungkan dibalik-balik begitu.....

Camera saya Sony a6000 yang menggunakan sensor CMOS APS-C (Advance Photo System type-C), jadi bukan Fullframe E-mount. 

Awalnya saya juga sempat bingung juga, karena begitu banyak pilihan untuk Sony a6000, seperti Sony SEL16F28, SEL20F28, Sigma DN Art 19F28 dsb, itu semua lensa prime dengan format APS-C.

Saya pikir kenapa saya tidak beli lensa FE saja ..... karena lensa FE juga tentunya compatible dengan APS-C E-mount format ..... pada Sony APS-C kena crop factor 1.5x. Sesudah melihat-lihat ada 2 buah lensa yang membuat saya tertarik, antara Zeiss Touit 32F18 atau Sony SEL28F20.... tentunya lensa Zeiss harganya lebih mahal dari SEL28F20 ini.

Namun setelah mempertimbangkan, saya putuskan membeli Sony SEL28F20 .... kenapa? Karena untuk lensa SEL28F20 ini, bisa menggunakan converter tambahan didepannya, yaitu Ultra Wide Converter 21mm atau Fisheye Converter 16mm.

Sedikit tips tambahan saja, jika mau beli camera/lensa Sony sebaiknya tunggu ada promosi dari Sony Indonesia. Saya beli camera dan lensa-lensa disaat ada promosi, Sony SEL28F20 harga normal bulan Maret 2016 Rp.5.999.000, karena ada promosi mendapatkan cashback Rp.500.000 lumayan kan dapat discount langsung Rp.500.000.

Nah mari kita mulai bedah di dalam box ada apa saja.


Seperti biasa di dalam box ada:
- Manual berbagai macam bahasa
- Kartu Garansi dari Sony Indonesia
- Lensa Sony SEL28F20
- Tutup Lensa depan dan belakang
- Lenshood





Menurut saya pribadi lensa ini cukup bagus dan memuaskan, karena meski bukaan aperture maximum f/2, namun karena dilengkapi dengan 9 Circular Blades Aperture, maka bokeh-nya pun bagus sekali

Dibawah ini beberapa contoh photo:

Sony a6000, 1/125s, f/2, ISO100


Pada camera Sony a6000 dikarenakan kena crop factore 1.5x maka dari 28mm menjadi 42mm, sedangkan jika menggunakan camera FE akan tetap 28mm.

Kesimpulan:
- Kecepatan focus sangat baik, lebih cepat dari lensa Sony SEL50F18 dan SELP1650
- 4D Focus atau 179 Points PDAF pada  AF-C bekerja dengan sempurna pada Sony a6000

Agak aneh juga sewaktu saya tanyakan ke Sony Center Indonesia, mereka sendiri kebingungan, dijawab tidak bisa digunakan dengan sempurna, dan mereka juga kelihatan bingung ketika ditanya soal PDAF bisa bekerja atau tidak.

Jawaban mereka salah besar, Sony SEL28F20 bisa digunakan pada APS-C format, bahkan 4D Focus nya bekerja dengan sempurna.
Namun entah juga jika digunakan pada camera dibawah Sony a6000.

Nah silahkan Anda simpulkan sendiri ..... ulasan ini tidak dibayar oleh pihak manapun.


Semoga berguna bagi yang mencari lensa e-mount
Salam Luar Biasa :)

Thanks to GOD
Thanks to WHAFF
Thanks to JPC Kemang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar