Panduan Membeli Camera Apps pada situs PlayMemories

Sebelum membeli aplikasi untuk camera Sony, tentunya kita harus register dulu (gratis) pada situs PlayMemories, dan tidak kalah penting kita juga harus download juga aplikasi PlayMemories Home untuk PC kita.

Kedua syarat diatas itu mutlak, meski sebenarnya pada camera Sony sekarang bisa juga, cuma ribet deh karena camera Sony sampai dengan tulisan ini dibuat, belum dilengkapi touch screen.

Kemudian Anda harus bisa menghubungkan perangkat PC Anda dengan Camera Sony Anda, jika sudah terdeteksi ada camera Sony tersambung dengan PC Anda, maka dengan otomatis, PlayMemories Home pada PC akan terbuka sendiri. Untuk import photo/video tanpa menggunakan memory card reader.


Awalnya saya berniat ingin membeli beberapa aplikasi untuk Sony a6000 saya, nah waktu mau membeli aplikasi awalnya saya bingung juga, dan coba menggunakan Kartu Kredit CIMB ..... namun tidak diduga sama sekali kartu kredit tersebut anehnya tidak bisa digunakan untuk pembelian aplikasi. Saya sampai telepon Call Center CIMB, dan dinyatakan kartu kredit saya bisa digunakan di negara manapun, tapi kenapa di Sony Hong Kong tidak bisa? Sedangkan pernah dan sering saya gunakan untuk pembelian di eBay/TinyDeal bisa semua (Pusat Sony Play Station Network untuk Asia berada di Hong Kong).

Lalu saya coba call Sony Center Indonesia dan Sony Mall Taman Anggrek, dan didapat jawaban, untuk menggunakan Play Station Network (PSN) Prepaid Card, yang tentunya bisa kita beli di toko online gameshop, seperti saya beli di PSE Game Shop.

Kita harus beli PSN Prepaid Card tersebut, sesuai dengan negara kita berada, karena ada untuk negara Euro/US/Singapore/Indonesia dan sebagainya.

PSN Prepaid Card ini dalam bentuk digital, jadi setelah kita transfer uangnya, maka Code-nya akan diberikan baik lewat SMS/WA/BBM/e-mail, jadi seperti kita isi ulang ponsel, ada voucher fisik ada juga voucher elektronik.

Baiklah kita mulai saja panduannya,

Silahkan masuk ke situs PlayMemories
Bagi yang sudah pernah mendaftar lansung Sign In saja
Bagi yang belum silahkan pilih Create Account (gratis)


kemudian click saja email Anda

lalu akan ada tampilan seperti dibawah ini, pada tab baru
click saja Redeem Prepaid Card

Silahkan masukkan dibawah ini code, PSN Prepaid Card yang telah Anda beli

Untuk melihat perolehan nilai Rupiah nya click saja Wallet maka akan tertera nominal pembelian PSN Prepaid Card tersebut.


Sekarang dilanjutkan dengan proses pembelian aplikasi untuk camera, silahkan buka kembali situs Sony PlayMemories, lalu tentukan pilihan Anda, misal dalam hal ini saya membeli aplikasi Time Lapse, tinggal Procced to Purchase, ikuti langkah selanjutnya



Kemudian Sony meminta kita untuk menghubungkan PC dengan Camera, jika sudah Anda hubungkan dengan kabel USB pembawaan dari camera Sony, tinggal Anda, tekan tombol Verify Connection.
Jika sudah benar terhubung jangan lepaskan dulu
Jika aplikasi tersebut tidak mendukung camera Sony Anda, maka Sony akan menolak.


click, Purchase [nama aplikasi Anda]

click, I Agree, Confirm Purchase

click, Continue

Tunggu hingga selesai
Jika sudah selesai akan tertulis Installation successful


Jika sudah selesai Anda bisa cabut koneksi antara PC dengan Camera, dan lihat pada menu Application List.
Dan pada gambar dibawah ini, akan tertulis, Installed atau sudah terpasang


Demikian panduan ini semoga berguna bagi yang memerlukan Sony Camera Apps pada PlayMemories, karena untuk beberapa aplikasi tidak free/gratis.

Terima kasih kepada Sony Center Indonesia dan Sony Mall Taman Anggrek, yang sudah memberikan panduan.

Salam Luar Biasa :)

12 komentar:

  1. belinya PSN hongkong atau PSN Indonesia ?

    BalasHapus
  2. apakah sama cara nya klo menggunakan mac???

    BalasHapus
  3. Klu untuk aplikasi yg free apa hrs beli PSN jg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga FREE .... alias GRATIS, tidak perlu beli voucher PSN

      Hapus
  4. Pada saat akan membuat account baru saya selalu gagal disertai pesan error. Apakah saat akan mendaftar kamera harus dalam keadaan ter-connect ke laptop?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu koneksi camera pada saat register, coba gunakan browser lain, saya gunakan Google Chrome Browser, atau Edge Browser pada Windows 10

      Hapus
  5. Balasan
    1. Bisa aja sih kalo udah ada voucher PSN-nya, masukin kode voucher sama registernya ribet kalo di camera.

      Hapus
  6. Kalau instal beberapa di playmemory apakah akan mengganggu kinerja kamera, mungkin ada keterbatasan ROM atau RAM nya....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini sih saya pakai tidak yah, jika tidak berguna bisa uninstall

      Hapus